Monitoring dampak Bencana di Bawean

Sabtu pagi, 04 Maret 2023, sekitar pukul 07.00 WIB KM Gili Iyang yang membawa Tim BPBD Kab. Gresik beserta bantuan dari Pemerintah Kabupaten Gresik merapat di Pelabuhan Sangkapura. Sekitar pukul 16.00 WIB bantuan selesai dibongkar dan dibawa menuju Posko BPBD Gresik di Sangkapura.

Hari ini juga Sebagian anggota Tim langsung melakukan kegiatan Monitoring, Survey, serta pendataan dampak bencana banjir dan Tanah longsor yang terjadi beberapa hari lalu di P. Bawean. Selainitu, Tim juga melakukan identifikasi langkah mitigasi bencana, serta pendataan kebutuhan Pasca Bencana. Selain itu, Tim BPBD Kab. Gresik Bersama Forkopimcam Sangkapura, Pemerintah Desa se Sangkapura dan masyarakat sekitar melakukan kerja bakti pembersihan material longsor di Desa Sungairujing, Kec. Sangkapura.

Pada kesempatan itu pula, Tim BPBD Kab. Gresik Bersama Forkopimcam Sangkapura meninjau Fasilitas Umum yang mengalami kerusakan, diantaranya di Desa Sungairujing, Desa Gunungteguh, Desa Sawahmulya dan Desa Daun. Fasilitas Umum yang ditinjau diantaranya SDN 357 Gresik yang mengalami kerusakan pada 4 ruang kelas & 1 Kamar Mandi, Jembatan yang rusak di Desa Sawahmunlya, Jembatan putus di Desa Gunungteguh. Peninjauan ini diperlukan untuk identifikasi kebutuhan pada penanganan Pasca Bencana, yang bertujuan untuk memulihkan sarana dan prasarana yang rusak akibat bencana. Selain itu, Tim BPBD Kab. Gresik berkesempatan mengikuti kerja bakti bersama masyarakat Desa Gunungteguh.

Sementara itu, Tim juga memantau titik longsor di Gunung Malokok, Desa Gunungteguh. Sedangkan Di Desa Daun, Tim BPBD Kab. Gresik melakukan peninjauan serta melakukan pendataan dampak banjir.

Kegiatan akan dilanjutkan esok hari, bersama Tim kedua yang direncanakan berangkat menuju P. Bawean hari Minggu 05 Maret 2023 besok.

Salam Tangguh…