Bupati Gresik kunjungi Bawean

Selama 2 hari, tepatnya tanggal 05 – 06 Maret 2023 kemarin, Bupati Gresik,  H. Fandi Akhmad Yani S.E. Bersama Ketua DPRD Kab. Gresik dan didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kab. Gresik, Drs. Darmawan M. Si , Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas CKPKP Kab. Gresik, melakukan kunjungan ke beberapa Desa di P. Bawean, yang beberapa hari yang lalu terdampak bencana Banjir dan Tanah Longsor.

Kedatangan Bupati Gresik bersama rombongan untuk melihat dari dekat serta melakukan identifikasi bangunan serta sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan akibat bencana, serta memberikan bantuan kepada korban bencana.

Desa pertama yang dikunjungi Bupati pada malam itu yaitu Desa Patarselamat. Di Desa tersebut, Bupati Gresik berkesempatan bertatap muka dan melakukan dialog dengan warga Desa Patarselamat, serta mengunjungi bangunan yang mengalami kerusakan akibat banjir.

Desa berikutnya yang dikunjungi Bupati yaitu Desa Sawahmulya, untuk meninjau dari dekat jembatan dan plengsengan sungai yang rusak akibat banjir. Bupati pun berkesempatan bertemu dan berdialog dengan warga.

Desa Sungairujing merupakan Desa berikutnya yang dikunjungi Bupati. Di Desa tersebut, Bupati mengunjungi SDN 357 Gresik yang mengalami kerusakan parah akibat bencana Tanah Longsor, serta melihat dari dekat Jalan Lingkar Bawean yang tertutup tanah longsor.

Desa berikutnya yang dikunjungi Bupati Gresik malam hari itu adalah Desa Daun. Di Desa Daun, Bupati berkesempatan melakukan dialog dengan warga desa, serta melihat dari dekat kerusakan rumah warga dan plengsengan sungai, akibat bencana banjir.

Hari berikutnya, Senin 06 Maret 2023, Bupati mengunjungi Desa Kelompanggubug, Kec. Tambak. Di Desa ini, Beliau menyaksikan jembatan Desa yang putus akibat diterjang banjir.

Selain meninjau banguanan yang mengalami kerusakan akibat bencana, Bupati Gresik berkesempatan memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban bencana. Selain itu, Bupati Gresik juga berpesan kepada warga agar senantiasa menjaga kelestarian lingkungan hidup serta mewaspadai cuaca ekstrem yang a khir-akhir ini sering terjadi di P. Bawean. Pada kesempatan itu, Beliau juga menyampaikan rencana percepatan pemulihan Pasca Bencana, diantaranya pembenahan Saluran air bersih, pembangunan kembali jembatan yang rusak dan putus, menyiagakan satu unit alat berat di P. Bawean untuk membersihkan material longsoran yang menutup Jalan.