Perkembangan Banjir Gresik

Sabtu 25 Februari 2023, wilayah Kecamatan Cerme dan Kecamatan Menganti masih tergenang banjir akibat luapan Kali Lamong. Sampai hari ini 2 Desa di Kecamatan Menganti masih tergenang banjir, sementara di Kecamatan Cerme, terdapat 4 Desa yang masih tergenang banjir.

Jalan Raya Boboh yang sehari sebelumnya tergenang cukup dalam, hari ini sudah dapat dilalui kendaraan, meskipun masih tergenang 20 cm. Begitu juga halnya dengan Jalan Raya Morowudi, yang sebelumnya ditutup karena ketinggian banjir mencapai 70 cm, hari ini ruas jalan Raya Morowudi sudah normal Kembali, meskipun masih tergenang 20 cm.

Sampai hari ini, Desa Pandu, Desa Jono dan Desa Tambakberas masih tergenang cukup dalam, Hal ini sebagai akubat dari jebolnya tanggul Kali Lamong kemarin. Ratusan rumah warga, Tambak, Persawahan dan Fasilitas umum di tiga desa tersebut masih tergenang cukup dalam, yaitu sekitar 20-50 cm.

Tim BPBD Gresik Bersama Relawan masih bersiaga di tiga Desa tersebut untuk melakukan penanganan darurat bencana, serta membantu warga melintasi wilayah banjir, Selain itu Tim BPBD Gresik juga melakukan Pendataan dampak Banjir, serta monitoring perkembangan banjir.

Sampai hari ini ketinggian banjir cenderung mengalami penurunan, meskipun status Kali Lamong saat ini masih pada status SIAGA MERAH.