Tanggul Kali Lamong jebol

Hari Jum’at, 24 Februari 2023 sekitar pukul 02.00 WIB dinihari, tanggul Kali Lamong di Desa Jono jebol sepanjang sekitar 10 Meter. Jebolnya tanggul ini mengakibatkan ratusan Hektar tambak di Desa Tambakberas, Desa Jono dan Desa Pandu tergenang banjir. Selain menggenangi areal tambak, jebolnya tanggul ini juga menyebabkan tergenangnya pemukiman warga di Desa Tambakberas dan Desa Jono, sehingga membuat beberapa warga Desa Jono mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Selain itu, Jalan Poros Desa yang menghubungkan Desa Jono dengan Desa Pandu juga tergenang cukup dalam.

Di Desa Tambakberas, jebolnya tanggul menyebabkan pemukiman warga di Dusun Segunting tergenang cukup dalam. Jebolnya tanggul ini mendapat perhatian dari Bupati Gresik. Beliau berkesempatan mengunjungi Desa Jono.

Ketinggian banjir di Desa Jono saat ini berkisar antara 20-40 cm pada titik terdalam. Ketinggian banjir ini masih ada peningkatan, sehubungan masih tingginya TMA Kali Lamong, dimana status Kali Lamong saat ini masih SIAGA MERAH.