Perkembangan Banjir Gresik

Sampai hari ini, Kamis 23 Februari 2023, wilayah Gresik Selatan masih tergenang banjir. Untuk wilayah Kecamatan Balongpanggang, banjir sudah surut, sementara di wilayah Kecamatan Benjeng, terjadi penurunan tinggi genangan bahkan di beberapa Desa, banjir yang menggenangi rumah warga sudah surut.. Sementara itu, Jalan Raya Benjeng masih tergenang 20 cm

Untuk wilayah Kecamatan Menganti dan Kecamatan Cerme, masih tergenang cukup dalam meskipun terjadi penurunan tinggi genangan. Genangan terdalam mencapai 50 cm. Beberapa warga masih bertahan di pengungsian. Jumlah warga yang mengungsi mencapai lebih dari 200 KK yang tersebar di beberapa titik pengungsian di beberapa Desa

Di Kecamatan Menganti, Tim BPBD Gresik masih melakukan evakuasi warga menuju tempat pengungsian. Selain itu, Tim BPBD Gresik juga memberikan bantuan logistik untuk Dapur Umum Mandiri yang didirikan warga.

Untuk wilayah Kecamatan Driyorejo yang terdampak banjir luapan Kali Surabaya, ketinggian banjir masih stabil, karena TMA Kali Surabaya masih cukup tinggi. Beberapa rumah yang berada di bantaran Kali Surabaya tergenang mencapai 60 cm. tercatat sebanyak lebih dari 300 rumah tergenang akibat luapan Kali Surabaya.

Sampai berita ini diturukan, sebanyak 24 Desa di 4 Kecamatan tergenang banjir akibat luapan Kali Lamong maupun Kali Surabaya, Yaitu Kecamatan Benjeng, Kecamatan Menganti, Kecamatan Cerme dan Kecamatan Driyorejo.