Kondisi terkini Banjir di Gresik

Perkembangan kejadian Banjir di Kabupaten Gresik hari ini, Selasa, 21 Februari 2023 Banjir di wilayah Balongpanggang dan Benjeng surut total. Sementara untuk wilayah Kecamatan Cerme dan Menganti masih tergenang banjir akibat luapan Kali Lamong. Untuk Kecamatan Cerme, tercatat sebanyak 4 Desa masih tergenang banjjir, sementara di Kecamatan Menganti, tercatat sebanyak 3 Desa yang masih tergenang banjir.

Sekitar pukul 07.00 WIB tadi, tanggul anak Kali Lamong di Desa Beton, Kec. Menganti jebol sepanjang sekitar 10 Meter. Akibatnya, air meluber menuju pemukiman dan persawahan yang berada di desa Beton. Tercatat sebanyak 14 KK (49 jiwa) mengungsi di 2 titik pengungsian. BPBD Kab. Gresik mengirimkan Jumbo Bag dan Terpal untuk membantu perbaikan tanggul yang jebol oleh Dinas PU Kab. Gresik. Selain itu, BPBD Kab. Gresik juga melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Kab. Gresik untuk membantu memenuhi kebutuhan makanan bagi warga yang mengungsi.

Sementara itu, Tim Evakuasi BPBD Gresik sampai saat ini masih melakukan upaya evakuasi warga Desa menuju tempat Pengungsian, mengingat tingginya genangan di pemukiman yang mencapai 60 cm.

Selain memantau dan monitoring banjir, BPBD Kab. Gresik selalu melakukan pemantauan cuaca dan Tinggi Muka Air Kali Lamong dan menyampaikan kepada Relawan dan Warga. Sampai berita ini diturunkan, status Kali Lamong masih berada pada SIAGA MERAH.