Bencana di P. Bawean

Hari Kamis dinihari, 02 Maret 2023, terjadi bencana banjir dan pergerakan tanah secara bersamaan di P. Bawean. Kejadian ini sebagai akibat dari terjadinya hujan lebat yang terjadi sejak hari Rabu, 01 Maret 2023 sekitar pukul 10.00 WIB, sampai hari Kamis, 02 Maret 2023 sekitar pukul 04.00 WIB. Laporan sementara kejadian ini menimpa 15 Desa di Kecamatan Sangkapura, yaitu Desa Balikterus, Sungairujing, Sawahmulya, Kotakusuma, Patarselamat, Kobontelukdalam, Daun, Sungaiteluk, Gunungteguh, Pudakit timur, Sidogedongbatu dan Desa Lebak serta 3 Desa di Kecamatan Tambak, yaitu Desa Gelam, Kelompanggubug dan Desa Kepuhteluk.

Di Kecamatan Sangkapura, tercatat beberpa bangunan mengalami kerusakan, yang meliputi rumah warga, Sekolah, TPT dan Jembatan. Sementara di Kecamatan Tambak, tercatat beberapa bangunan mengalami kerusakan, yang meliputi rumah warga, sekolah, Tempat ibadah dan TPT.

BPBD Kabupaten Gresik terus melakukan koordinasi dengan Forkopimcam Sangkapura maupun Tambak terkait kejadian bencana ini. Laporan sementara sampai saat ini, tercatat lebih dari 400 rumah tergenang banjir, lebih dari 20 rumah rusak, 8 jembatan rusak, 9 fasilitas umum tergenang banjir, 1 sekolah terdampak longsor. Sampai berita ini ditulis, Forkopimcam Sangkapura maupun Tambak, masih melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa terdampak.

Sekitar pukul 04.30 – 05.30 WIB, banjir di seluruh desa sudah surut