Banjir Luapan Kali Lamong meluas

Sampai hari Rabu, 15 Maret 2023 malam hari, banjir akibat luapan Kali Lamong yang menggenangi beberapa Desa di wilayah Kecamatan Balongpanggang sudah surut. Sementara itu, disaat yang bersamaan, banjir yang menggenangi wilayah Kecamatan Benjeng semakin meluas. Sampai malam tadi, tercatat sebanyak 8 Desa di Kecamatan Benjeng tergenang banjir, yaitu Desa Sedapurklagen, Lundo, Deliksumber, Kedungrukem, Bulang Kulon, Munggugianti, Bulurejo dan Desa Bengkelolor. Jalan Raya Benjeng, tepatnya di depan PLN, tergenang banjir dengan ketinggian sekitar 25 cm. Masyarakat dihimbau untuk berhati-hati apabila melintasi Jalan Raya Benjeng, karena selain tinggi genangan yang mencapai 25 cm, arus air juga cukup deras.

Tim BPBD Kab. Gresik tetap bersiaga di beberapa Desa yang tergenang cukup dalam dan berarus deras, untuk melayani warga yang akan melewati banjir menuju kerumah dan sebaliknya. Di Dusun Ngablak, Desa Kedungrukem, Tim mengevakuasi 3 orang yang terseret arus banjir karena berusaha menyelamatkan barang bawaannya yang tercebur. Ketiga korban berhasil diselamatkan Tim dan dibawa menuju Puskesmas terdekat. Malam harinya dI desa yang sama, Tim mengantar lansia yang baru pulang dari Umroh, menuju rumahnya dengan menggunakan perahu karet, karen akses jalan menuju rumah beliau tergenang cukup dalam.

Sementara itu, untuk merespons informasi dari Pemdes Beton dan Cermen, tentang kondisi tanggul Desa yang kritis, BPBD Kab. Gresik segera mengirimkan bantuan berupa terpal, jumbo bag dan karung plastik, untuk penguatan tanggul di kedua desa tersebut.

Hasil monitoring pagi hari ini, banjir mulai menggenangi wilayah Kecamatan Cerme. Beberapa titik di Jalan Raya Morowudi pagi ini mulai tergenang banjir setinggi 5 -10 sepanjang sekitar 100 M. Sementara itu, Tim BPBD Kab. Gresik masih bersiaga di lokasi banjir, untuk melayani warga yang memerlukan, serta melakukan pendataan serta monitoring kondisi banjir.

Hasil pantauan TMA Kali Lamong melalui website BBWS Bengawan Solo, pagi ini TMA Kali Lamong di Bengkelolor mengalami penurunan dengan status SIAGA HIJAU. Sedangkan di Boboh, TMA Kali Lamong mengalami peningkatan, dengan status SIAGA MERAH.