Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana di Desa Ngampel

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gresik menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana di beberapa Desa di Kabupaten Gresik. Kegiatan Pelatihan pertama dilaksanakan di Desa Ngampel, Kecamatan Balongpanggang. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 8 dan 9 Maret 2023 ini dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gresik, Bapak Drs. Darmawan, M.Si dan dihadiri Forkopimcam Balongpanggang, Pemerintah Desa Ngampel, serta perwakilan Masyarakat Desa Ngampel.

Kegiatan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Ngampel, Kec. Balongpanggang ini diikuti oleh perwakilan masyarakat dan Pemuda Desa Ngampel, bertujuan untuk memperkuat kesiapan serta respons masyarakat dalam menghadapi bencana. Melalui kegiatan Pelatihan ini, Pemerintah Kabupaten Gresik mengajak warga untuk lebih mengenali potensi bencana yang mengancam, mengenali kerentanan Desa dan mengetahui kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana. Diharapkan, dengan mengetahui serta memahami hal tersebut, masyarakat mampu melakukan mitigasi bencana, untuk memperkecil risiko dari bencana tersebut.

Dalam kegiatan ini, peserta diberikan juga pemahaman mengenai penanggulangan bencana, seperti cara-cara menghadapi bencana, cara evakuasi korban bencana, pemahaman mengenai pentingnya peran serta masyarakat dalam penanggulangan bencana serta meningkatkan koordinasi dan kerjasama antara BPBD, Masyarakat dan Pemuda Desa, dalam penanggulangan bencana.

Terakhir, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Gresik menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Beliau berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam dan dapat berkontribusi dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat Kabupaten Gresik.