Geladi Sistem Peringatan Dini Bencana

Jum’at, 30 September 2022 yang baru lalu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Direktorat Peringatan Dini menyelenggarakan geladi peringatan dini banjir di Desa Sedapurklagen, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan yang diinisisasi BNPB melalui Direktorat peringatan Dini, bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gresik dan Pemerintah Desa Sedapurklagen ini bertujuan untuk mengintegrasikan dan menghasilkan kemampuan dari kapasitas individu maupun kelompok masyarakat terhadap risiko dan ancaman bencana.

Geladi ini juga untuk menguji Protokol Peringatan Dini, Protokol Diseminasi Informasi dan Penentuan Jalur Evakuasi yang telah disusun dan disepakati sebelumnya. Selain itu, geladi ini uga untuk meningkatkan dan tindakan respon masyarakat atas informasi peringatan dini yang dikeluarkan. Masyarakat juga dapat membantu menyebarluaskan kepada anggota lain yang berpotensi terdampak dan mampu bertindak dengan segera secara benar dan tepat, untuk menghindari dan mengurangi kemungkinan terjadinya korban jiwa maupun kerugian harta benda.