Destana Cerme Kidul

Sebagai kelanjutan Program Mitigasi Bencana, BPBD Kabupaten Gresik melakukan Kegiatan Pembentukan DESTANA (Desa Tangguh Bencana).

Kali ini, Kegiatan yang difasilitasi oleh BPBD Propinsi Jawa Timur dilakukan di Desa Cerme Kidul, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik.

Tujuan pembentukan Destana yaitu untuk meningkatkan kemampuan serta ketrampilan sumber daya masyarakat Desa, sehingga terbentuk masyarakat yang siap dan tangguh dalam menghadapi bencana. 

Melalui DESTANA, diharapkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana semakin meningkat. Destana merupakan Desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi bencana.

Dikatakan Tangguh Bencana ketika Desa tersebut memiliki kemampuan di wilayahnya. Kemampuan mengorganisasikan dirinya dengan segenap sumber daya yang dimiliki, sekaligus meningkatkan kapasitas sumber Daya di Desa, untuk mengurangi risiko bencana. Desa harus memiliki kader Destana. Diharapkan, kader Destana bisa menyiapkan diri dan membagi ilmu yang dimiliki kepada masyarakat lainnya. Sehingga masyarakat bisa menganalisa dan mengantisipasi bencana bencana yang mungkin terjadi. Melalui pelatihan ini diharapkan Kader Destana mampu mengkaji, menganalisis, dan mengurangi risiko bencana yang terjadi di wilayah masing-masing dengan sumber daya lokal.