Rakor Kesiapsiagaan menghadapi Bencana selama Pelaksanaan ops Lilin Semeru 2019

Menjelang Pelaksanaan ops Lilis Semeru 2019, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gresik mengadakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapsiagaan menghadapi Bencana selama Pelaksanaan ops Lilin Semeru 2019.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kab. Gresik Drs. Tarso Sagito, SH, M.Hum, dihadiri Unsur Polres Gresik, Dinas Perhubungan Gresik, Satpol PP Kab. Gresik, Dinas kesehatan Kab. Gresik, Dinas Pekerjaan Umum Kab. Gresik, Dinas Sosial Kab. Gresik, PMI Kab. Gresik, membahas kesiasiagaan seluruh Unsur terkait dalam menghadapi Bencana yang dapat sewaktu-waktu terjadi selama pelaksanaan ops Lilin Semeru 2019.

Lebih jauh Kalaksa BPBD Kab. Gresik memaparkan bahwa, selama Pelaksanaan ops Lilin Semeru 2019, di wilayah Kab. Gresik terdapat potensi terjadinya Bencana diantaranya Banjir, Kekeringan, Angin Kencang, Kegagalan Teknologi & Gempa Bumi.

Untuk itu, Beliau berharap sinergitas Unsur terkait dalam Penanggulangan Bencana, utamanya yang terjadi di wilayah Kab. Gresik. Hal ini disambut baik oleh Peserta Rakor, diantaranya Polres Gresik yang siap mendukung upaya Penanggulangan Bencana, Dinas Sosial sudah menyiapkan Tagana yang sewaktu-waktu dapat dikerahkan apabila terjadi Bencana, Dinas Kesehatan mendirikan 5 Pos Pelayanan Kesehatan yang tersebar mulai Sidayu sampai Legundi. Satpol PP, Dinas Perhubungan dan PMI pun siap membantu Upaya Penanggulangan Bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Untuk itu, selama Pelaksanaan ops Lilin Semeru 2019, BPBD Kab. Gresik akan mendirikan Pos Pemantau pada tanggal 30 dan 31 Desember 2019, yang bertempat di Kantor BPBD Kab. Gresik, Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 133, Gresik.